Kapan kami akan menikah ?

Kalau ditanya kapan saya akan menikah mungkin saya hanya bisa tersenyum tanpa mampu bisa menjawabnya. Begitupun dengan teman-teman saya, jika diajukan pertanyaan yang sama mungkin mereka juga akan melakukan hal serupa seperti apa yang saya lakukan. Apalagi kalau ditambah dengan pertanyaan pilihan ganda dan essai, saya yakin mereka akan semakin bingung untuk menjawabnya :) Oleh sebab itu jangan tanya kapan kami akan menikah tapi tanyakan mengapa kami belum juga menemukan pasangan yang cocok. Apa karena kriteria kami begitu tinggi sehingga sampai saat ini belum juga menemukan pendamping. Atau karena ada beberapa faktor seperti kurang ganteng, belum mapan, merasa rendah diri. Kalau masih berpikir seperti itu sampai kapan ketemu jodohnya.... keburu kiamat Bro! :D

"Dan segala sesuatu kami jadikan berpasang-pasangan, supaya kamu mengingat kebesaran Allah." (QS. Adz Dzariyaat (51) : 49).

Dan diantara tanda-tanda kekuasaanNya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikanNya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir. (Qs. Ar. Ruum (30) : 21).

Saya yakin, kalau setiap kita diciptakan berpasang-pasangan. Hanya tinggal menunggu waktu saja sampai kita benar-benar menemukan orang yang kita cari selama ini. Tapi bukan berarti diam saja menunggu waktu itu datang. Cinta tak hanya diam kalau kata Mas Piyu. Musti ada ikhtiar, dimana ada usaha disitu ada jalan. Caranya bisa lewat apa saja. Bisa lewat biro jodoh, lewat gelombang radio kaya zaman warkop DKI, Bisa lewat Facebook atau situs pertemanan lainnya yang lagi ngetren atau bisa juga lewat Taaruf. Apasih taaruf? Ta'aruf adalah proses perkenalan dan pendekatan antara laki-laki dan wanita yang hendak menikah. Untuk lebih jelasnya bisa lihat disini. Tapi jangan lupa selain ikhtiar kita juga musti banyak-banyak berdoa. Kalau perlu datang ke Makkah biar doanya segera di ijabah. Atau berdoa seperti yang sering teman saya lakukan yang saya sebut sebagai "Doanya sejuta jomblo" (Ya Allah bila dia jodohku maka dekatlah sedekat-dekatnya, tapi jika dia bukan jodohku maka jauhkanlah sejauh-jauhnya). Jauh-dekat dua ribu aja brother. hahaha

Kalau ikhtiar sudah maksimal, doa sudah sampai nangis-nangis segala tapi belum juga mendapatkan pasangan tentu ada yang salah dari usaha kita. Cobalah berkaca, apa mungkin tampilan kita ada yang kurang. Mungkin belahan rambut tidak sama rata masih 11-12 atau doa kita yang kurang ikhlas sehingga belum juga dikabulkan.

Maka apabila kamu telah selesai, kerjakanlah dengan sungguh-sungguh yang lain, dan hanya kepada Tuhanmu-lah hendaknya kamu berharap. QS Alam Nasyrah [94] ayat 1-8.

Setelah kita ikhtiar, setelah kita berdoa, maka kembalikanlah segala urusan kepada Allah. Dia tahu siapa jodoh kita kelak, Dia tahu kapan waktunya kita menikah. Jangan takut tidak kebagian jodoh. Jodoh tidak akan lari kemana :)

Jadi kalau ditanya sama orang kapan kamu akan menikah. "Insya Allah jika Allah menghendaki, detik inipun saya bisa menikah". Amiin

* Pernikahan wildan 12-12-2009

Share on :
Comments
1 Comments