Memahami Takdir


Ketika kita sedang mengalami kesusahan hidup janganlah berputus asa, pahamilah.
ketika kita sedang mengalami patah hati janganlah bersedih, pahamilah.
ketika kita sedang dililit hutang dan sepertinya tidak mampu melunasinya janganlah berputus asa, pahamilah.
ketika kita sedang ditimpa musibah janganlah bersedih, pahamilah.

Memahami takdir seumpama menegakan benang yang basah. Sulit namun bukan berarti kita tidak bisa. Tapi kalau kita mencoba untuk belajar menerimanya semuanya akan terasa jauh lebih mudah. Kesedihan, kegembiraan, kehilangan, kepergian semua sudah diatur olehNya. Jadi mengapa kita sibuk mengatur hidup sesuai keinginan kita karena Allah yang sudah mengatur semuanya sesuai kehendakNYA dan saya pastikan bahwa keputusanNYA adalah yang terbaik untuk hidup kita.

Ketika jalan yang kita lalui begitu sulit untuk dipahami mengapa kita menjadi begitu besedih karenanya bukannya mencoba untuk memahamiNYA. Ketika hidup kita menjadi tidak begitu berharga mengapa menjadi orang yang mudah putus asa bukannya mencoba untuk memahamiNYA.

Allah yang mengatur segalanya. Ombak dilautan tidak akan bergelombang tanpa seizinNYA, Burung-burung diangkasa tidak akan mampu terbang tanpa seizinNYA, Hujanpun tidak akan turun ke bumi tanpa seizinNYA, begitu juga kita tidak akan pernah berbahagia jika Allah tidak memberikannya kepada kita.

Memahami takdir, memahami jalan hidup, memahami maunya Allah.

"Ya Tuhan, Pemilik Kerajaan, Kau beri kerajaan kepada siapa yang Kau mau dan Kau renggutkan kerajaan dari siapa yang Kau mau, Kau beri kemuliaan kepada siapa yang Kau mau dan Kau beri kehinaan kepada siapa yang Kau mau, dalam tangan-Mu segala yang baik; sungguh Kau Maha Kuasa atas segala sesuatu." (QS 3 : 26)

Share on :
Comments
0 Comments